7 Alasan Kita Suka Novel Fiksi Sejarah

Book lovers, novel-novel sejarah, walaupun kedengarannya berat, tapi banyak penggemarnya lho. Dan nggak semua kisah sejarah itu mumet dan boring. Nah, berikut alasan-alasan para pecinta novel sejarah:

1. Kita sudah tahu endingnya!.

Satu-satunya genre novel dengan ending yang kurang lebih kita sudah tahu! Buat penggemar buku yang tidak masalah dengan spoilers, novel ini pasti jadi pilihan kan? Tinggal buka buku sejarah Anda, atau browsing di internet kalau lupa fakta sejarahnya.

2. Misteri tetap ada, meski kita tahu ending ceritanya.

Hanya karena ini sebuah novel tentang masa lalu yang seluruh dunia tahu, atau tokoh yang telah Anda pelajari di sekolah, bukan berarti tidak ada ruang untuk misteri.

3. Semua tentang perjalanannyanya, bukan tujuannya.

Sekalipun banyak orang nggak ngefans sama novel bergenre ini, tapi para pembaca fiksi sejarah tahu persis yang menarik soal novel ini adalah Anda bisa fokus pada ceritanya, pada masing-masing karakternya, hubungan dalam buku tersebut, dialog-dialognya, dan keindahan tulisannya tanpa perlu menguras diri untuk berpikir tentang akhir cerita. Itu membuat perjalanan cerita jauh lebih menarik.

4. Hidup terasa lebih dramatis sebelum smartphones!.

Di era ini, semua teknologi dengan mudah bisa menyelesaikan masalah dengan satu kalimat di aplikasi, email atau sosmed. Satu panggilan telepon bisa menyelesaikan kebakaran yang terjadi berkilo-kilo meter jauhnya. Namun hidup ternyata lebih dramatis sebelum era smartphone tiba. Siti Nurbaya tidak bisa dengan mudah menghubungi Syamsul Bahri, dan terpaksa menikah dengan Datuk Maringgih lalu ceritanya berakhir tragedi. Tapi bagaimana dengan kisah Siti Nurbaya modern? Mungkin Syamsul Bahri akan memulai tweet war di sosmed? Dan akhirnya tragedi terjadi di pengadilan? Siapa yang tahu? Tapi yang jelas hidup lebih dramatis sebelum smartphone! Anda setuju?

5. Begitu banyak aksi!.

Novel fiksi sejarah tentunya tidak kekurangan adegan-adegan yang penuh aksi. Sebagai seorang pecinta fantasi saya sangat menyukai membaca adegan-adegan aksi dan perang. Dalam novel ini aksi dan perang tersebut adalah peristiwa nyata, ini yang membuatnya semakin seru.

6. Kisah cinta mengharu biru.

Meski tidak sebanyak di novel-novel romantis, bukan berarti novel fiksi sejarah tidak memiliki kisah cinta loh. Mereka biasanya memiliki sub plot romance yang lebih menarik. Misalnya kisah cinta yang dulu terlarang karena zaman yang belum modern, atau kisah cinta mengharu biru karena perang.

7. Ssst….. semua orang punya rahasia.

Tidak masalah apakah Anda adalah seorang putri kerajaan, seorang sniper pada zaman perang dunia kedua, seorang petani atau pedagang pada zaman penjajahan, Anda pasti punya rahasia. Dari zaman kerajaan jauh bahkan sebelum VOC masuk, orang sudah mempunyai rahasia, menutupi identitas mereka yang sebenarnya, menyembunyikan masa lalu mereka, dan berbohong satu sama lain. Itulah yang membuat alur novel fiksi sejarah sangat tidak tertebak, begitu banyak rahasia. Ssstttt….

Jadi para penulis: ayo berikan kami terus rahasia.

Baca gratis novel City of Heroes di sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s