7 Novel Time Travel Yang Wajib Dibaca:

I wish I could turn back time, adalah kalimat yang pasti familiar di telinga kita kan? Bahkan mungkin beberapa kali kita berharap itu terjadi pada kehidupan kita, ketika kita terjebak di kejadian yang memalukan, atau kejadian yang buat kita menyesal setengah mati, kita berharap kalau saja waktu bisa diulang.

Secara ilmiah teori mesin waktu memang memungkinkan dan sudah banyak ilmuwan yang meriset soal itu lho tapi kita tidak mau membahas itu sekarang, melainkan sebuah tema cerita yang sering muncul baik di televisi maupun buku yaitu time travel! Jangan salah ya, buku-buku time travel belum tentu loh buku bergenre fiksi ilmiah. Jadi bagi Anda yang nggak ngefans sama genre sci-fi, jangan langsung say no dengan buku-buku dengan latar belakang time travel.

Nah, berikut adalah buku-buku bertema time travel yang harus Anda baca:

timemachine

1. The Time Machine
Time Machine ditulis oleh H.G Wells, terbit pada tahun 1895, termasuk buku bergenre fiksi ilmiah. Time machine adalah salah satu buku tertua yang mempopulerkan cerita dengan konsep time travel, maka tidak ada salahnya kamu membaca buku ini.

2. The Time Traveler’s Wife

time-travel-wifeNovel drama romantis ini menceritakan karakter utamanya Henry de Tamble mempunyai kelainan genetis yang membuatnya harus melakukan perjalanan waktu secara acak. Hal itu membuat kehidupan pernikahan dan keluarganya dengan sang istri Claire tidak nyata dalam realitas waktu, dan semakin lama semakin membuat hubungan mereka berantakan. Novel yang telah difilmkan dan dimainkan oleh Rachel McAdams, dan Eric Bana ini cukup populer dan mendapat rating yang cukup baik di goodreads. Jadi mau membacanya?

3. Miss Peregrine’s Home Peculiar Children

miss-peregrines-home-peculiar_book-coverJacob Portman berusia 16 tahun saat pergi ke sebuah pulau misterius untuk mengikuti petunjuk yang diberikan oleh sang kakek sebelum meninggal. Dia sampai di sebuah asrama yang berisi sekumpulan anak-anak yatim piatu yang aneh. Jacob menemukan sebuah portal menuju masa lalu yang membawa Jacob kembali ke tahun 1940. Novel ini adalah novel anak-anak yang masuk ke dalam New York Times bestseller pada tahun 2012. Bagi para penggemar novel fantasi, jangan ketinggalan nonton filmnya juga ya.

4. 11/22/63

dallas-63Pada tanggal 22 November 1963, tiga tembakan terdengar di Dallas, dan Presiden J.F. Kennedy tewas. Dan saat itu juga dunia berubah. Bagaimana jika itu tidak terjadi? Buku ini berkisah tentang seorang guru bahasa Inggris yang meminta murid-muridnya untuk menulis esai tentang sebuah peristiwa yang mengubah hidup mereka. Lalu ada sebuah esai yang membuatnya tercengang dan berpikir betapa mengerikan kejadian di masa lalu sehingga dapat mengubah hidup orang lain menjadi jungkir balik. Dia pun terobsesi untuk pergi ke masa lalu untuk mencegah pembunuhan Presiden Kennedy. Stephen King berhasil membawa pembaca menuju awal tahun 60 an dan buku ini menjadi salah satu buku dengan tema time travel yang dapat dipercaya.

5. Timeline

timeline

Novel karya Michael Crichton ini bercerita tentang sebuah perusahaan yang menyembunyikan kebenaran. Sekelompok ilmuwan menemukan diri mereka terlempar ke masa enam ratus tahun sebelum masa mereka. Timeline menunjukkan manfaat juga bahaya yang akan terjadi saat time travel memungkinkan.

6. Replay
replayDalam buku Replay, karakter utama Jeff Winston berkali-kali meninggal dan bangun kembali di hari sebelumnya, dia harus hidup dalam usia 25 tahun terus-menerus. Dia berjuang pada hidup tanpa makna dan tanpa masa depan. Tapi itu berubah saat dia bertemu dan jatuh cinta dengan Pamela, seorang ‘replayer’ sama seperti dirinya. Lalu mereka menyadari bahwa semakin hari pengulangan atau ‘replays’ mereka berkurang terus. Mereka menyadari bahwa mereka akan mati dan tak akan pernah mengulang lagi. Akhirnya mereka mencari jawaban, dan sampai suatu ketika Jeff menemukan dirinya bangun di sisi lain tanpa masa depan yang diketahuinya.
Tapi sebelum menutup artikel ini dengan pertanyaan apa buku time travel favorit Anda,  Masih ada satu buku lagi yang perlu banget Anda baca yaitu:

7. City of Heroes
city-of-hero-resizeBuku ini berlatar di Surabaya, beberapa bulan sebelum peristiwa 10 november 1945. Novel ini bercerita tentang Orion yang mengantarkan Alora, sahabatnya ke Surabaya untuk menjual pedang peninggalan kakek neneknya yang merupakan pedang pusaka berusia ribuan tahun milik keturunan keluarga Asano dari Jepang. Saat mereka dalam perjalanan pulang setelah menjual pedang tersebut, mereka dihadang oleh sekelompok mafia. Orion dan Alora berlari menyelamatkan diri, tapi gempa bumi melanda, dan ketika Orion mencari Alora, Orion menemukan dirinya berada di masa lalu, sebuah masa di mana Surabaya akan hancur lebur karena perang. Berkejaran dengan waktu Orion berusaha mencari Alora dan pedang itu, tapi dalam perjalanan waktunya, dia diingatkan kembali akan pahitnya kematian, pengkhianatan, dan menemukan dirinya telah menjadi orang yang berbeda.

Nah, itulah daftar buku time travel yang wajib Anda baca. Sekarang kalau Anda dapat pergi menjelajah melalui waktu, ke manakah Anda akan pergi? Kembali ke masa lalu atau pergi ke masa depan?

Baca gratis novel City of Heroes di sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s